6 E-business Strategic Decisions

12:43:00 am Edit This
Saya akan menulis mengenai 6 e-business strategic decisions dengan mengambil salah satu website Perusahaan Nasional yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood). Berawal dari sebuah perusahaan mi instan yang sederhana, Indofood telah menjelma menjadi sebuah perusahaan “Total Food Solutions,” dengan kegiatan usaha yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para peritel.
Produk Konsumen Bermerek terdiri dari empat divisi yaitu Mi Instan, Bumbu Penyedap Makanan, Makanan Ringan dan Nutrisi & Makanan Khusus.

Decision 1: E-Business channel priorities.

Strategi yang digunakan Indofood bersifat Bricks and Mortar (informations only). Melihat website dari Perusahaan ini hanya memberikan informasi mengenai produk-produk apa saja yang dihasilkan dan beredar di pasaran, informasi kegiatan perusahaan (CSR dan Media Community), informasi untuk Investor (Annual Report) dan penjelasan mengenai Indofood secara detail. Hingga resep makanan yang dapat dipergunakan oleh pengunjung website dapat kita peroleh di website ini. Bicara mengenai produk, Indofood berbagai merk untuk produknya. Tentu saja hal ini untuk memenuhi kebutuhan customer yang memiliki perbedaan selera pada rasa masakan.

Decision 2: Organizational Restructuring and Capabilities.

Melihat website Indofood, website tersebut di kembangkan dan di maintain dengan in house division, dimana divisi dari PT. Indofood Sukses Makmur tbk yang melakukannya.

Decision 3: Business, Service and Revenue Model.

Sebagai perodusen mie instan dan produk makanan lainnya Website Indofood hanya berisikan mengenai informasi produk dan juga kegiatan yang dilakukan hingga informasi bagi para investor. Bahkan didalam Website Indofood tidak adanya transaksi secara online. Melihat banyaknya variasi produk yang dimiliki Indofood menjadikan website tersebut menjadi mediasi untuk menginformasikan produknya yang mungkin tidak memiliki iklan komersial.

Decision 4: Marketplace Restructuring.

Dilihat dari sisi buy-side, website Indofood tidak melakukan dalam kategori tersebut. Namun begitu juga untuk sell-side karena tidak adanya transaksi online. Untuk kedepannya dengan menggunakan inovasi terbaru, website ini bisa menjadi sell-side apabila website ini memberikan layanan pembelian dalam jumlah besar (distributor). Para distributor dapat dengan mudah memesan produk dari Indofood melalui website ini. Hal ini dapat juga dilakukan reintermediation agar dapat terciptanya interaksi secara langsung antara customer dengan Indofood.

Decision 5 : Market & Product development strategies.

Menurut pendapat saya, Indofood sudah melakukan market developmet strategies dengan baik. Banyaknya varian jenis makanan dan juga merk yang dicitakan Indofood menjadikan produknya selalu menjadi unggulan di market. Bahkan dengan website ini, kita bisa mngetahui apa saja produk dari Indofood dan kita bisa mengetahuinya secara detail (saya juga baru mengetahuinya setelah membuka semua isi dari website ini). Website ini dapat menambahkan untuk testimonial dari customer, agar terciptanya relationship service dari Indofood secara personal.

Decision 6: Positioning and Differentiation Strategies.

Tentu saja untuk perusahaan besar seperti Indofood, pasti sudah memperhitungkan mengenai strategi yang dilakukan setiap pelaksanaannya baik dari segi produk, service, harga dan juga proses operasionalnya. Detail produk yang disajikan dalam website ini cukup mearik karena kita dapat mengetahuinya secara keseluruhan. Dari segi harganya, website ini tidak mencantumkan harga produk, mengingat harga produk dari Indofood bisa berbeda setiap customernya tergantung dari retailernya.