META SERVICE

6:35:00 pm Edit This
Setelah saya mencoba mencari tahu pengertian dari meta service ternyata saya harus tahu terlebih dahulu mengenai pengertian dari Meta. dari salah satu sumber yang saya dapatkan pengertian meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang dipakai untuk mengaplikasikan metadata dalam suatu halaman web. Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian “head” dalam HTML tersebut. Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword) yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”.

Setelah saya mengetahui pengertian dari meta maka saya mencoba mencari pengertian dari meta data dari sumber yang saya cari. Definisi sederhana dari metadata adalah data mengenai data. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi untuk jenis data berupa kumpulan file, metadatanya adalah nama-nama file, tipe file, dan nama pengelola (administrator) dari file-file tersebut.

Berarti bisa saya simpulkan bahwa metadata merupakan struktur informasi yang dapat memberikan informasi, menjelaskan dan menerangkan suatu sumber informasi. Lebih mudah disebutkan sebagai data mengenai informasi.

Kemudian mencari apa pengertian dari Meta service?

Meta Service Defitions
A customer administrative system of a wireless communications system is interfaced with one or more system database network elements to support single command meta-service activation and management tasks. In this regard, a meta-service comprises a package of individual services. An agent is included in the interface to process single meta-service command for handling by the database network elements. The database network elements supporting the individual services implicated by the meta-service command are identified and are issued appropriately formatted, device specific commands for effectuating the meta-service activation or management task. In the event that each implicated database network element cannot successfully complete the requisite meta-service activation or management task, the service provision state of each implicated database network element is rolled-back to a service provision state prior to receipt of the meta-service command.

Sumber :
• http://id.wikipedia.org/wiki/Meta
• http://id.wikipedia.org/wiki/Metadata
• http://www.freepatentsonline.com/6199066.html

Analisis Website

6:24:00 pm Edit This

Konsep perdagangan eceran diciptakan oleh Carrefour untuk memuaskan para konsumen. Di Indonesia, terutama di Jakarta, Carrefour, dengan cepat, menjadi suatu alternatif belanja pilihan bagi seluruh keluarga. Awal tahun 2008, PT.Carrefour Indonesia berhasil menyelesaikan proses akuisisi terhadap PT. Alfa Retailindo Tbk. Saat ini, Carrefour Indonesia memiliki lebih dari 60 (enam puluh) gerai yang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Medan, Palembang dan Makasar yang didukung lebih dari 11,000 (sebelas ribu) karyawan profesional.

Carrefour Indonesia memiliki www.carrefour.co.id yang merupakan situs online untuk mempromosikan Carrefour di seluruh Indonesia melalui media internet. Website ini memberikan berbagai informasi mengenai Carrefour Indonesia yang memiliki konsep paserba (pasar serba ada).

Website juga memberikan kemudahan bagi publik untuk mengetahui perkembangan Carrefour Indonesia. Website memberikan katalog seperti yang diterbitkan di setiap Carrefour di seluruh Indonesia. Sehingga pelanggan Carrefour dapat mengakses melalui internet terlebih dahulu tentang apa saja yang sedang di promosikan oleh Carrefour sebelum datang langsung ke gerai.

Website Carrefour Indonesia berisikan:

  • Promo : Menjadi halaman utama dari website, berisikan promo yang di selenggarakan oleh Carrefour seluruh Indonesia
  • Berita Carrefour : Memberikan informasi berita terkini mengenai Carrefour Indonesia
  • Lokasi Carrefour : Informasi mengenai lokasi carrefour lengkap dengan alamat, nomor telepon dan gambar lokasi
  • Katalog : Informasi mengenai katalog dan promo Koran per wilayah
  • Pemasok :Informasi mengenai cara mudah menjadi pemasok Carrefour
  • Karier : Informasi mengenai lowongan kerja di Carrefour Indonesia
  • Komitmen Kami : Informasi mengenai komitmen Carrefour
  • Kartu Carrefour BCA : Informasi mengenai Kartu Carrefour BCA
  • Layanan Kami : Informasi mengenai layanan tambahan dari Carrefour yang berkerjasama dengan provider telepon selular dan maskapai penerbangan
  • Produk Carrefour : Informasi mengenai produk-produk yang di produksi oleh Carrefour dan hanya di jual di Carrefour
  • Carrefour Dunia: Informasi yang memberikan link Carrefour di seluruh dunia
  • Carrefour CSR : Informasi mengenai Komitment Carrefour Indonesia dalam Peningkatan kesejahteraan Masyarakat Indonesia

Marketplace Position

Carrefour.co.id di gunakan sebagai media promo dari paserba Carrefour diseluruh Indonesia. Para produsen yang menjadi pemasok Carrefour dapat mempromosikan produknya melalui situs ini. Begitu juga dengan produk dengan label Carrefour dapat juga di promosikan melalui situs ini.


Revenue Model

Situs online ini mendapatkan revenue dari iklan produk-produk yang di promosikan di Carrefour. Pemasok Carrefour selain dapat berpromosi di katalog, mereka juga bisa langsung promosi di halaman utama dari website ini.

Rekomendasi: website ini dapat dikembangkan tampilannya agar lebih menarik dan atraktif dengan memberikan spot iklan yang lebih kreatif. Maka situs ini juga akan mendapatkan revenue yang lebih baik.


Commercial Model

Website Carrefour Indonesia masih memiliki spot iklan yang belum banyak didalam situsnya. Spot iklan terdapat di halaman utama dan divisi promo. Situs ini memberikan katalog per wilayah sesuai dengan yang diterbitkan di Carrefour seluruh Indonesia.

Rekomendasi: tampilan website yang lebih kreatif dan atraktif akan menarik pelanggan untuk melihat promo yang ada di dalam website. Begitu juga dengan tampilan spot iklan yang kreatif akan menarik produsen dan pemasok Carrefour untuk pasang iklan di situs online ini.


Type Model

Situs online ini memiliki model B2C (business to customer), karena komitment awal Carrefour sebagai paserba untuk keluarga.

Rekomendasi: Agar dapat menjalin hubungan yang berkesinambungan dengan pelanggan melalui Internet, dapat di buat e-newsletter yang ditujukan kepada pelanggan yang berminat untuk berlangganan informasi berita ataupun juga katalog Carrefour sesuai dengan wilayah.


Tampilan situs ini kurang atraktif apabila di bandingkan dengan situs online Carrefour di negara lain. Carrefour Indonesia kini memiliki radio Carrefour yang disiarkan di Carrefour seluruh Indonesia. Website ini mungkin akan lebih menarik dengan memberikan streaming radio Carrefour Indonesia. Tentu saja akan menambahkan revenue bagi Carrefour dan website ini khususnya.

Sumber:

http://www.carrefour.co.id/