Analisis Website

6:24:00 pm Edit This

Konsep perdagangan eceran diciptakan oleh Carrefour untuk memuaskan para konsumen. Di Indonesia, terutama di Jakarta, Carrefour, dengan cepat, menjadi suatu alternatif belanja pilihan bagi seluruh keluarga. Awal tahun 2008, PT.Carrefour Indonesia berhasil menyelesaikan proses akuisisi terhadap PT. Alfa Retailindo Tbk. Saat ini, Carrefour Indonesia memiliki lebih dari 60 (enam puluh) gerai yang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Medan, Palembang dan Makasar yang didukung lebih dari 11,000 (sebelas ribu) karyawan profesional.

Carrefour Indonesia memiliki www.carrefour.co.id yang merupakan situs online untuk mempromosikan Carrefour di seluruh Indonesia melalui media internet. Website ini memberikan berbagai informasi mengenai Carrefour Indonesia yang memiliki konsep paserba (pasar serba ada).

Website juga memberikan kemudahan bagi publik untuk mengetahui perkembangan Carrefour Indonesia. Website memberikan katalog seperti yang diterbitkan di setiap Carrefour di seluruh Indonesia. Sehingga pelanggan Carrefour dapat mengakses melalui internet terlebih dahulu tentang apa saja yang sedang di promosikan oleh Carrefour sebelum datang langsung ke gerai.

Website Carrefour Indonesia berisikan:

  • Promo : Menjadi halaman utama dari website, berisikan promo yang di selenggarakan oleh Carrefour seluruh Indonesia
  • Berita Carrefour : Memberikan informasi berita terkini mengenai Carrefour Indonesia
  • Lokasi Carrefour : Informasi mengenai lokasi carrefour lengkap dengan alamat, nomor telepon dan gambar lokasi
  • Katalog : Informasi mengenai katalog dan promo Koran per wilayah
  • Pemasok :Informasi mengenai cara mudah menjadi pemasok Carrefour
  • Karier : Informasi mengenai lowongan kerja di Carrefour Indonesia
  • Komitmen Kami : Informasi mengenai komitmen Carrefour
  • Kartu Carrefour BCA : Informasi mengenai Kartu Carrefour BCA
  • Layanan Kami : Informasi mengenai layanan tambahan dari Carrefour yang berkerjasama dengan provider telepon selular dan maskapai penerbangan
  • Produk Carrefour : Informasi mengenai produk-produk yang di produksi oleh Carrefour dan hanya di jual di Carrefour
  • Carrefour Dunia: Informasi yang memberikan link Carrefour di seluruh dunia
  • Carrefour CSR : Informasi mengenai Komitment Carrefour Indonesia dalam Peningkatan kesejahteraan Masyarakat Indonesia

Marketplace Position

Carrefour.co.id di gunakan sebagai media promo dari paserba Carrefour diseluruh Indonesia. Para produsen yang menjadi pemasok Carrefour dapat mempromosikan produknya melalui situs ini. Begitu juga dengan produk dengan label Carrefour dapat juga di promosikan melalui situs ini.


Revenue Model

Situs online ini mendapatkan revenue dari iklan produk-produk yang di promosikan di Carrefour. Pemasok Carrefour selain dapat berpromosi di katalog, mereka juga bisa langsung promosi di halaman utama dari website ini.

Rekomendasi: website ini dapat dikembangkan tampilannya agar lebih menarik dan atraktif dengan memberikan spot iklan yang lebih kreatif. Maka situs ini juga akan mendapatkan revenue yang lebih baik.


Commercial Model

Website Carrefour Indonesia masih memiliki spot iklan yang belum banyak didalam situsnya. Spot iklan terdapat di halaman utama dan divisi promo. Situs ini memberikan katalog per wilayah sesuai dengan yang diterbitkan di Carrefour seluruh Indonesia.

Rekomendasi: tampilan website yang lebih kreatif dan atraktif akan menarik pelanggan untuk melihat promo yang ada di dalam website. Begitu juga dengan tampilan spot iklan yang kreatif akan menarik produsen dan pemasok Carrefour untuk pasang iklan di situs online ini.


Type Model

Situs online ini memiliki model B2C (business to customer), karena komitment awal Carrefour sebagai paserba untuk keluarga.

Rekomendasi: Agar dapat menjalin hubungan yang berkesinambungan dengan pelanggan melalui Internet, dapat di buat e-newsletter yang ditujukan kepada pelanggan yang berminat untuk berlangganan informasi berita ataupun juga katalog Carrefour sesuai dengan wilayah.


Tampilan situs ini kurang atraktif apabila di bandingkan dengan situs online Carrefour di negara lain. Carrefour Indonesia kini memiliki radio Carrefour yang disiarkan di Carrefour seluruh Indonesia. Website ini mungkin akan lebih menarik dengan memberikan streaming radio Carrefour Indonesia. Tentu saja akan menambahkan revenue bagi Carrefour dan website ini khususnya.

Sumber:

http://www.carrefour.co.id/